03 December 2018

[Resensi] Crazy Rich Asians


When American-born Rachel Chu agrees to spend the summer in Singapore with her boyfriend, Nicholas Young, she envisions a humble family home and quality time with the man she hopes to marry. But Nick has failed to give his girlfriend a few key details. One, that his childhood home looks like a palace; two, that he grew up riding in more private planes than cars; and three, that he just happens to be the country’s most eligible bachelor.

On Nick’s arm, Rachel may as well have a target on her back the second she steps off the plane, and soon, her relaxed vacation turns into an obstacle course of old money, new money, nosy relatives, and scheming social climbers.

resensi cracy rich asians, novel crazy rich asians, novel kevin kwan, crazy rich asians, crazy rich asians book, rich asians book, kwan books, crazy asians book, crazy rich asians kevin kwan


Penulis: Kevin Kwan

Penerbit: Anchor Books

Desain cover dan ilustrasi: Joan Wong

Tebal: 527 halaman

ISBN: 978-0-8041-7158-8

International edition

Nicholas Young dan Rachel Chu sudah sekitar dua tahun berhubungan. Dan di liburan musim panas kali ini, Nicky, panggilan akrab Nicholas, ingin mengajak Rachel ke Singapura. Kebetulan teman akrab Nicky akan menikah, dan dia adalah salah seorang pendamping pria. Karena itu Nicky ingin sekali Rachel ikut, untuk melihat tempat kelahirannya dan tentu saja bertemu dengan keluarganya.

Walaupun mereka sudah berhubungan lama, tapi mereka belum membicarakan tentang pernikahan. Bahkan Rachel pun tidak yakin kalau Nicky ingin menikah, padahal sebenarnya Rachel sudah menganggap Nicky pria yang tepat untuk menjadi suaminya. Maka ketika Nicky mengajaknya bertemu keluarganya, Rachel tidak berharap terlalu banyak akan hubungan mereka.

Sebenarnya Nicky berasal dari keluarga yang sangat kaya dan terhormat di Singapura. Tapi dari kecil dia sudah dibiasakan untuk tidak membicarakan dan membahas tentang harta, maka Nicky tidak pernah tahu seberapa kayanya dia atau keluarganya. Dan ketika dia mengajak Rachel pun, dia belum memberitahukan tentang status sosial keluarganya kepada Rachel.

Rachel yang baru pertama kali datang ke Singapura, dan melihat gaya hidup teman-teman Nicky, bahkan Peik Lin, temannya semasa kuliah dulu yang hidup mewah, menganggap bahwa orang-orang yang tinggal di Singapura semuanya kaya raya. Tapi dia baru menyadari bahwa sebenarnya Nicky pun berasal dari keluarga yang kaya, ketika diundang makan malam di rumah nenek Nicky yang sebesar istana. Dengan halaman luas dan pelayan yang jumlahnya banyak.

Semua keluarga besar Nicky adalah orang-orang sukses dan terpandang. Walaupun mereka tidak selalu memamerkan hartanya, tapi dari penampilannya saja sudah terlihat kelasnya. Dengan latar belakang keluarganya yang biasa-biasa saja, Rachel tidak sepenuhnya diterima di keluarga Nicky. Rachel hanya dibesarkan oleh ibunya, yang harus bekerja keras untuk biaya hidup dan kuliahnya, dan tanpa kehadiran seorang ayah.

Ibu Nicky sangat ketat sekali terhadap wanita yang akan menjadi pendamping hidup anaknya. Pilihannya harus sesuai dengan keinginan nenek Nicky, harus dari keluarga terpandang, demi kebahagian Nicky. Dan dia menganggap Rachel hanya ingin mengejar kekayaan. Segala cara dicoba untuk memisahkan Nicky dan Rachel, termasuk menyewa detektif untuk mengetahui latar belakang keluarga Rachel dan ayahnya.

Aku jadi penasaran membaca buku ini karena lagi booming dimana-mana, bahkan filmnya pun banyak ditonton. Tema ceritanya mungkin biasa, sering dialami oleh orang-orang yang kaya raya, dimana mereka selalu selektif dalam mencari pasangan untuk anak-anak mereka. Cerita di buku ini ringan, dan dikemas dengan menarik. Penulis benar-benar menggambarkan kehidupan glamour para masyarakat jet set di Singapura.

Sudah diketahui bahwa Singapura itu memang negara kaya, siapa pun pasti senang berkunjung ke sana. Penduduknya juga terkenal makmur, tapi penulis lebih mengkhususkan tentang mereka yang super duper kaya di buku ini. Mungkin kita cuma pernah mengetahui tentang orang-orang yang kaya raya ini dari buku atau film saja, tapi kenyataannya mereka-mereka ini memang benar-benar ada. Hanya kita saja yang belum beruntung untuk bertemu mereka.

Sosok Nicholas Young pun digambarkan sebagai sosok yang sempurna. Penampilan menarik, pintar dan tentu saja bergelimang harta. Walaupun Nicky sendiri tidak tahu pasti jumlah kekayaan yang dimilikinya, tapi dari merk pakaian yang digunakannya saja sudah bisa terlihat kalau dia orang yang kaya raya.

Cerita dalam buku ini tidak hanya fokus kepada Rachel dan Nicholas, tapi juga ada tokoh-tokoh lain yang masih berhubungan dengan mereka. Ada Astrid, sepupu Nicky, yang sangat menawan, sangat kaya, suka dengan fashion, selalu menjadi sorotan terutama di kalangan wanita. Bisa dibilang Astrid sangat sempurna dalam kehidupannya, tapi tetap saja dia memiliki masalah dengan suaminya.

Ada juga Eddie, sepupu Nicky, punya pekerjaan yang bagus, harta yang melimpah, rumah dan mobil mewah, tidak ada yang kurang dari dirinya. Tapi dia selalu saja merasa kurang dibandingkan teman-temannya. Dan dia selalu ingin tampil sempurna di depan semua orang, tidak ingin terlihat kekukarangannya.

Dan masih banyak tokoh-tokoh lainnya yang diceritakan dengan masalah mereka masing-masing, dan masalah itu tidak jauh dari harta dan kekayaan mereka. Jadi belum tentu semua orang yang kaya raya itu selalu hidup bahagia kan.

Penulis bisa mengemas seluruh cerita-cerita ini dengan baik, ditambah dengan penggambaran rumah-rumah mewah bak istana, kehidupan tokoh-tokoh yang mewah, membuat pembaca bisa sedikit merasakan bagaimana rasanya menjadi orang kaya.

Crazy Rich Asians ini adalah buku pertama dari trilogi, jadi cerita di buku ini belum sepenuhnya selesai, dan aku tidak sabar ingin membaca lanjutannya. Ingin mengetahui bagaimana akhir cerita cinta Rachel dan Nicholas. Dan aku juga pengen menonton cerita ini dalam versi film, apakah sama dengan yang aku bayangkan?

Kamu sudah membaca buku ini? Atau sudah ada yang menonton filmnya? Bagaimana menurut kamu?

Happy reading ^^

post signature




No comments:

Post a Comment

enjoy your reading and don't forget to leave comment here