31 October 2018

[Resensi} Dahsyatnya Sabar, Syukur, Ikhlas dan Tawakkal


Semua orang pasti mengharapkan kesuksesan dan kebahagiaan. Namun kenyataannya, tidak semua orang dapat meraih hidup yang sukses dan bahagia. Hal ini disebabkan kesalahan dalam menempuh jalan menuju hidup sukses dan bahagia tersebut.

Buku ini mengungkap empat kunci utama untuk mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan. Keempat kunci tersebut adalah sabar, syukur, tawakal dan ikhlas. Bersabar, bersyukur, bertawakal dan ikhlas merupakan sebagian dari sekian banyak kunci keberhasilan hidup orang beriman, baik di dunia maupun di akhirat.

Sabar dan syukur merupakan dua kata yang akan selalu berjalan mengikuti rumus kehidupan. Sabar hadir untuk mengimbangi ujian dan cobaan, sementara syukur ada untuk mengiringi kesenangan. Dan, jika cobaan dan kesenangan hidup disikapi dengan ikhlas dan tawakal kepada Allah, maka segalanya akan terasa nikmat. Dari sinilah cinta dan kasih sayang Allah hadir untuk menunjukkan jalan menuju kesuksesan dan kebahagiaan.

resensi buku islam, dahsyatnya sabar syukur ikhlas tawakal, buku islami, sifat sabar syukur ikhlas tawakal, memahami sabar syukur ikhlas tawakal, manfaat sabar syukur ikhlas tawakal


Penulis: Abdul Syukur

Editor: M. Ahsan

Penerbit: Safirah

Tebal 243 halaman

Cetakan pertama 2017

ISBN: 9786022792345

Kehidupan itu seperti roda yang berputar, kadang di atas, kadang di bawah. Kadang bahagia, kadang sedih. Kadang sukses, kadang bangkrut. Karena itu setiap manusia harus bisa menghadapi keadaan-keadaan tersebut dengan rasa syukur dan sabar.

Setiap manusia akan mengalamai fase ini dalam hidupnya, susah dan senang, suka dan duka, mudah dan sulit, secara silih berganti. Sikap yang baik untuk menghadapi semuanya adalah bersabar ketika mendapatkan musibah, dan bersyukur ketika mendapatkan kenikmatan.

Manusia yang penuh rasa syukur adalah manusia yang kaya. Tidak ada waktu baginya untuk memikirkan sesuatu yang dimiliki orang lain, tetapi ia sibuk dengan nikmat yang telah Allah beri kepadanya.

Kesabaran adalah bagian dari iman. Kesabaran tidak hanya ketika ditimpa musibah atau kesusahan, tapi juga kesabaran dalam ketaatan menjalankan ibadah, dan kesabaran dalam menjauhi maksiat.

Kesabaran dalam menjalankan ibadah, harus istiqamah dan melawan rasa malas untuk beribadah, agar khusyuk beribadah. Sabar dalam menjauhi maksiat yaitu menahan diri untuk menjauhi segala bentuk maksiat, sabar menahan hawa nafsu dan menolak segala godaan setan. Di zaman yang maju dan serba canggih seperti sekarang, kemaksiatan mudah ditemukan dimana-mana. Maka manusia harus bersabar menghadapi semua godaan itu. Sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan yaitu setiap manusia pasti akan selalu diuji dan diberi cobaan oleh Allah. Karena itu kita harus bersabar agar bisa melewati ujian dengan baik dan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

Bersyukur adalah cara agar kenikmatan terus ditambah oleh Allah SWT. Tapi sedikit sekalo orang yang mau bersyukur atas nikmat yang diperolehnya.

Bersyukur merupakan ungkapan dari tiga komponen yaitu hati, lisan dan perbuatan. Bersyukur dengan hati yaitu mengakui bahwa nikmat itu benar-benar datang dari Allah. Bersyukur dengan lisan yaitu mengakui dengan ucapan dengan menyebut alhamdulillah. Bersyukur dengan perbuatan yaitu meyakini bahwa semua anggota tubuh kita yang diciptakan oleh Allah dengan fungsi masing-masing. Seharusnya kita bersyukur atas kenikmatan jasmani kita dengan cara merawatnya dan menggunakannya untuk beribadah kepada Allah.

Rata-rata manusia berpikir bahwa syukur itu dilaksanakan setelah mendapatkan nikmat, padahal sebenarnya nikmat itu akan bertambah jika kita selalu bersyukur.

Tawakal adalah menyerahkan segala perkara dan usaha kepada Allah SWT, setelah melakukan sesuatu. Bila tidak mengerjakan sesuatu tetapi berharap kepada Allah, maka itu bukan tawakal.
Dengan bertawakal, manusia belajar bersabar untuk mendapatkan apa yang diinginkan dan menyerahkan semuanya kepada Allah SWT.

Ikhlas yaitu mengerjakan sesuatu untuk mendapatkan ridha Allah.

Buku ini merupakan bacaan untuk menambah keimanan kita kepada Allah, bagaimana kita bersikap dalam menjalani hidup ini, bagaimana bersikap ketika mendapat musibah atau cobaan dari Allah SWT. Sabar, syukur, ikhlas dan tawakal memang sepertinya mudah untuk diucapkan, tapi pada kenyataannya sangat sulit untuk dilakukan.

Buku ini memberi penjelasan mengapa kita harus bersabar, bersyukur, ikhlas dan tawakal. Apa manfaatnya bila kita menanamkan sifat-sifat tersebut dalam diri kita. Tentu saja manfaat ini tidak hanya akan kita rasakan di dunia tapi juga di akhirat. Begitu pula bila kita tidak menjalankan sifat-sifat ini, akan ada balasannya baik di dunia maupun di akhirat.

Hati manusia memiliki macam-macam penyakit hati, yang bisa membuat amalan yang kita kerjakan menjadi sia-sia. Di dalam buku ini juga dijelaskan bermacam-macam penyakit hati dan apa yang harus kita lakukan untuk menghindarkannya. Hal-hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk memahami ilmu ikhlas.

Buku ini cocok untuk dibaca oleh semua kalangan terutama umat Islam. Bagaimana mendapatkan ketenangan hati dan kenyamanan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dengan menanamkan sifat sabar, syukur, ikhlas dan tawakal dalam diri. Karena sebenarnya hidup ini hanya sementara dan penuh dengan ujian dan cobaan yang akan menentukan derajat kita di sisi Allah SWT.

Setelah membaca buku ini, pembaca bisa mulai menerapkan sifat-sifat tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan bisa langsung merasakan manfaatnya. Menjalani kehidupan yang lebih baik dan lebih taat kepada Allah SWT.

Tapi buku ini masih memiliki kekurangan dalam hal penulisan atau pengetikan. Masih banyak terdapat kata-kata yang salah dalam penulisan, atau kata-kata yang menurutku terbalik penempatannya sehingga agak janggal ketika dibaca.

Selain itu ada kata atau kalimat yang ditulis secara berbelit-belit yang membuat pembaca susah memahami inti kalimat tersebut. Penulis tidak menuliskan langsung maksud dari kalimat tersebut. Tapi sebagian besar isi buku mudah dipahami.

Buku ini bermanfaat sekali untuk menambah ilmu dan meningkatkan keimanan bagi yang membaca. Setelah membaca buku ini, hati menjadi tenang dan bisa menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih baik, karena sudah memahami sifat sabar, syukur, ikhlas dan tawakal. Dan diharapkan bisa menerapkan semua sifat tersebut dalam kehidupan, dan bisa mendapatkan ridha Allah SWT. Hidup bahagia di dunia dan akhirat.

Happy reading ^^

post signature

No comments:

Post a Comment

enjoy your reading and don't forget to leave comment here