01 February 2019

[Resensi] Komet


Setelah “musuh besar” kami lolos, dunia paralel dalam situasi genting. Hanya soal waktu, kapan pun pertempuran besar akan terjadi. Bagaimana jika ribuan petarung yang bisa menghilang, mengeluarkan petir, termasuk teknologi maju lainnya muncul di permukaan Bumi? Tidak ada yang bisa membayangkan kekacauan yang akan terjadi. Situasi menjadi lebih rumit lagi saat Ali, pada detik terakhir, melompat ke portal menuju Klan Komet. Kami bertiga tersesat di klan asing untuk mencari pusaka paling hebat di dunia paralel.

resensi komet, resensi novel tere liye, resensi novel komet, komet tere liye, novel komet tere liye, novel tere liye



Penulis: Tere Liye

Co-author: Diena Yashinta

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Cover: Orkha Creative

Cetakan keempat Juli 2018

Tebal: 384 halaman

ISBN: 9786020385938

Si Tanpa Mahkota telah lolos dari penjara bayangan di bawah bayangan, dunia paralel bersiap siaga. Dikabarkan bahwa Si Tanpa Mahkota sedang mencari pusaka yang sangat hebat, dan pusaka tersebut berada di Klan Komet. Tapi tidak ada yang tahu dimana Klan Komet berada.

Ali, dengan kecerdasannya, bisa menemukan dimana lokasi Klan Komet. Menurut Ali, Klan Komet itu terus bergerak, jadi tidak bisa dipastikan dengan persis dimana letaknya. Dan portal untuk masuk ke klan itu ada di Klan Matahari. Pulau kecil di tengah lautan biru dan memiliki tumbuhan aneh.

Av memutuskan untuk mengajak serta Ali, Raib dan Seli mengunjungi Klan Matahari, di saat penutupan Festival Bunga Matahari, ketika Bunga Matahari yang pertama mekar akan muncul. Siapa pun yang bisa memetik Bunga Matahari tersebut akan dikabulkan permintaannya. Dan itulah target Si Tanpa Mahkota, memetik Bunga Matahari lalu membuka portal ke Klan Komet.

Walaupun Av juga membawa serta ribuan petarung hebat, tapi tetap tidak ada yang bisa menghalangi Si Tanpa Mahkota memetik Bunga Matahari, dan membuka portal ke Klan Komet. Si Tanpa Mahkota telah menghilang ke dalam portal, dan tanpa pikir panjang, Ali pun ikut masuk ke dalam portal. Raib dan Seli sempat sebal melihat Ali yang tidak memikirkan tindakannya, tapi mau tidak mau mereka juga harus masuk ke dalam portal menyusul Ali.

Mereka bertiga terdampar di sebuah pulau kecil ditengah badai. Dalam keadaan basah kuyup mereka menjelajah pulau untuk mencari pemukiman agar mereka bisa berteduh, tapi nihil. Pulau itu kosong, tidak ada rumah penduduk di sana, hanya hutan. Dan kemana perginya Si Tanpa Mahkota? Dia pun tidak ditemukan di pulau itu. Bagaimana nasib mereka bertiga? Apakah mereka bisa menemukan pulau dengan tumbuhan aneh itu?

Ini buku kelima dari seri petualangan Raib, Seli dan Ali. Semakin lama petualangan mereka semakin berat, semakin banyak tantangannya dan semakin rumit. Petualangan ke Klan Komet ini paling menarik menurutku. Mereka harus berpindah-pindah dari satu pulau ke pulau lainnya. Dan di klan ini semua teknologi canggih tidak dapat digunakan. Sehingga mereka tidak bisa memanggil ILY untuk menjemput mereka, tidak bisa menghubungi Av untuk mengabarkan keadaan mereka. Mereka benar-benar harus berjuang sendiri.

Petualangan kali ini terjadi di samudra luas. Raib, Seli bahkan Ali yang genius pun tidak tahu bagaimana caranya mengemudikan kapal. Bahkan rasi bintang di tempat ini pun berbeda, sehingga mereka tidak bisa mengetahui arah ketika malam tiba.

Pulau-pulau di klan ini pun hampir sama dengan yang ada di bumi, bahkan tumbuhan dan binatang yang ada pun sama seperti di bumi, tapi dengan bentuk atau kelakuan yang berbeda. Dan itu juga menjadi tantangan untuk Raib, Seli dan Ali.

Di petualangan kali ini, Raib, Seli dan Ali  sudah sangat kompak dalam menghadapi semua rintangan, mereka bisa bekerja sama dengan baik sehingga semua tantangan bisa dilewati dengan baik.

Pada buku-buku sebelumnya, petualangan mereka selalu selesai di akhir cerita, tapi berbeda dengan petualangan kali ini. Malah di saat yang paling ditunggu-tunggu, cerita ini harus berakhir dan harus menunggu buku berikutnya. Jadi tambah penasaran dengan kelanjutan ceritanya.


post signature




No comments:

Post a Comment

enjoy your reading and don't forget to leave comment here